Apa Itu Layanan Pembayaran Pihak Ketiga?

Pembayaran pihak ketiga mengacu pada metode transaksi di mana bisnis pihak ketiga dipusatkan antara pembeli dan penjual untuk menerima dan membayar. Pihak ketiga yang disebut dapat dibagi menjadi dua jenis: agen pembayaran dan penyedia layanan pembayaran. Pada 2018, ada banyak penyedia layanan untuk dipilih. Meskipun prinsip operasi dasar serupa, mode transaksi masing-masing penyedia layanan berbeda. Istilah ini pertama kali muncul di Tiongkok [permintaan sumber] Untuk terlibat dalam bisnis pembayaran pihak ketiga di Tiongkok, Anda harus mengajukan permohonan lisensi pembayaran pihak ketiga, yaitu lisensi bisnis pembayaran.

Keuntungan dan Resiko Penggunaan

Keuntungannya adalah: nyaman dan cepat, memberikan pengelolaan akun yang dipersonalisasi; memberikan jaminan transaksi (setelah mengkonfirmasi penerimaan barang dari penjual, kemudian meminta penyedia pembayaran pihak ketiga untuk membayar), yang dapat mencegah penipuan dan mengurangi perselisihan konsumen; mengurangi risiko kebocoran data pribadi.

Risikonya antara lain: menjadi sasaran peretas, menyebabkan kerugian bagi konsumen; dana konsumen yang disalahgunakan atau ditutup secara jahat oleh operator yang tidak bermoral, sehingga menimbulkan dilema klaim; menjadi sarang tindak pidana pencucian uang dan menjadi celah pencegahan pencucian uang.

Contoh Layanan Pembayaran Pihak Ketiga

  • PayPal didirikan pada Desember 1998. Setelah diakuisisi oleh eBay pada 2002 , PayPal juga menjadi saluran pembayaran utama eBay. Kemudian, karena efek merger yang tidak memuaskan, PayPal secara resmi berpisah dari eBay pada 27 Juni 2015. PYPL terdaftar di bursa Nasdaq di bawah simbol ticker.
  • Alipay didirikan pada Desember 2004, awalnya untuk memecahkan fungsi keamanan transaksi Taobao . Mirip dengan Paypal, saat ini merupakan perusahaan layanan pembayaran dengan pangsa pasar tertinggi dan hampir setengah dari pangsa pasar di pasar luar negeri Cina.
  • WeChat Pay menyelesaikan pengujian internal dan dibuka untuk umum pada 4 Maret 2014. Awalnya dirancang untuk menyelesaikan fungsi pembayaran seluler bernilai kecil dan menggantikan fungsi uang kembalian. Saat ini, operatornya Tenpay adalah perusahaan layanan pembayaran mikro dengan pangsa pasar tertinggi di Tiongkok, dan telah menjadi salah satu alat pembayaran utama bagi turis mancanegara di Tiongkok daratan .

Postingan populer dari blog ini

Perusahaan Induk Keuangan

MasterCard: Sejarah dan Tentangnya

Lembaga Keuangan